Jumat, 03 Maret 2017

4 Kreasi Bekal Sehat untuk Anak Sekolah

Jangan lupakan manfaat memberikan bekal makanan ke sekolah. Di samping bisa menyehatkan anak, bisa menghemat uang jajan, terjamin gizinya dan tentu kita bisa mengajarkan anak untuk rajin menabung. Tidak semua jajanan sekolah terjamin kebersihan dan gizinya. Oknum pedagang nakal selalu mementingkan untung dengan menggunakan bahan makanan yang tidak aman. Pewarna yang bukan untuk makanan justru sering digunakan untuk menarik perhatian anak, bahan pengawet yang berlebihan dan bahan yang sudah basi. Tentunya hal ini dapat membahayakan kesehatan anak sekolah, pengawasan dari semua pihak harus dilakukan. 

Lalu bagaimana kreasi bekal sehat untuk anak sekolah ? di bawah ini informasi mengenai 4 Kreasi Bekal Sehat untuk Anak Sekolah yang bisa Anda jadikan sebagai referensinya.

1. Roti Sandwich
Adakalanya anak kurang menyukai bekal berbahan nasi, roti sandwich bisa menjadi pilihannya. Sangat praktis, isian roti bisa menggunakan daging atau telur ditambah keju. Daging dan keju baik untuk kesehatan karena mengandung protein dan lemak. Lengkapi pula selada dan tomat karena mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Ibu bisa mengkreasikan kembali sesuai kesukaan anak agar makannya lebih lahap. Jika anak menyukai mayonnaise, jangan lupa untuk menambahkannya. 

2. Nasi Bento
Nasi bento mungkin menjadi cara praktis dalam membuat bekal anak sekolah. Buatlah nugget di Rumah dan tambahkan beberapa sayuran agar lebih bergizi. Sayuran seperti wortel, buncis, jagung manis, kacang polong, brokoli dan lain-lain sangat bagus dalam mendukung tumbuh kembangnya anak. Sayuran tersebut dicampurkan dengan gilingan daging ayam kemudian balut dengan tepung. Tambahkan juga tomat dan mentimun. Disini pentingnya seorang ibu dalam mengenalkan anak pada makan sehat bergizi. 
Bekal Sehat Nasi Bento. (foto: hipwee.com)
3. Omelet Rice
Menu selanjutnya yang bisa Anda coba adalah nasi yang dibalut omelet. Taruh nasi di atas omelet kemudian gulung. Tambahkan sosis, nugget, bola-bola daging, olahan ikan atau apa saja kreasi Ibu sebagai lauk tambahan. Agar gizinya semakin lengkap, bisa juga menambahkan sayuran seperti buncis, wortel, brokoli, kol, dan lainnya saat anda membuat omelet. Jika anak suka, anda bisa menambahkan rebusan sayuran seperti buncis, wortel dan jagung manis. 

4. Salad Buah
Selipkan 1 hari untuk tidak memberikan bekal berbahan nasi pada anak agar mengurangi tingkat kebosanannya. Sebab anak sering mudah bosan pada menu makanannya, Salad Buah bisa Anda buat semenarik mungkn. Melon, mangga, strawberry, apel, leci, menjadi buah yang banyak diminati anak-anak. Tambahkan susu kental manis dan keju agar salah buah semakin enak. 

Masih banyak lagi menu makanan yang bisa Anda coba untuk bekal anak sekolah. Jika kekurangan inspirasi, Anda bisa mencari referensi di Internet atau media cetak. Rajin sharing bersama ibu muda lainnya bisa menambah pengalaman dan inspirasi dalam membuat bekal anak. Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon