Senin, 13 Maret 2017

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Mudah dan Aman

Bayi yang hadir di tengah-tengah keluarga menjadi buah hati hasil pernikahan. Merawat dan menjaganya dengan telaten secara bergantian oleh ibu dan ayahnya. Semua dilakukan agar bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. Tentu tidak ada yang menginginkan bayinya mengalami kesakitan. Namu, walaupun sudah merawatnya dengan baik, selalu aja ada kejadian yang tidak diinginkan. Seperti bayi mengalami sakit demam, flu, susah buang air besar, perut kembung, dan lain-lain.

Pada kesempatan ini akan membahas mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Biasanya gejala ini ditandai dengan bayi menangis lebih rewel dari biasanya, perutnya membuncit tidak seperti biasa, seakan-akan bayi merasakan kondisi yang tidak nyaman. 
Ilustrasi. (foto: startaniche.com)
Perut kembung pada bayi terjadi disebabkan jumlah gas pada saluran pencernaan mengalami peningkatan. Tak perlu khawatir karena organ pencernaan bayi memang belum kuat sehingga bagian usus tersebut mudah menghasilkan gas. Sebaiknya anda langsung memberikan respon tanggap untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi yang mudah dan aman. 

1. Tepuk dengan lembut bagian punggung bayi
Lakukan selama 1-2 menit hingga bayi tertawa atau mengeluarkan sendawa. Jika cara ini berhasil, mungkin bayi bisa lebih enakan atau tidak rewel lagi. 

2. Gosok pelan dan lembut bagian perutnya
Lebih tepatnya melakukan beberapa gerakan memijat dengan lembut. Jangan lupa menggunakan olesan minyak telon agar bayi merasa hangat. 

3. Beri air hangat
Ingat, sedikit saja, bisa menggunakan sendok untuk bayi. Mandikan juga bayi dengan air hanga-hangat kuku agar mengeluarkan sendawa. 

4. Hati-hati dengan susu formula
Belum tentu bayi anda cocok mengkonsumsi susu formula, untuk itu periksa terlebih dahulu komposisi dan kecocokannya untuk buah hati kita. Susu formula yang tidak cocok beresiko lebih besar menimbulkan perut kembung. 

5. Ajak bayi berinteraksi
Hal ini bertujuan agar bayi bisa terlibat langsung sehingga bisa tertawa atau bahkan sendawa. Dengan begitu gas pada saluran pencernaan pun keluar dengan sendirinya.

Jika perut kembung terjadi pada bayi berumur 1 bulan, cara mengatasinya memang tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Namun yang perlu diingat adalah anda harus jauh lebih hati-hati karena umur 1 bulan itu masih rentan. Organ tubuh serta fungsi tubuh belum bekerja secara optimal makanya mudah alergi. Anda sebagai ibu bisa memberikan ASI secara intensif dan usahakan mengkonsumsi makanan bergizi agar aliran ASI lebih lancar. 

Untuk bayi yang berumur 6 bulan ke atas, anda bisa menambahkan minyak kayu putih ketika mengolesi perut kembunya, dada dan punggung. Atur posisinya senyaman mungkin agar gas pada saluran pencernaannya bisa keluar. Anda bisa mendudukkan bayi atau membaringkannya dengan posisi telungkup. 

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada dokter atau bidan agar kondisi bayi anda terperhatikan dengan baik. Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon