Kamis, 23 November 2017

Ingin Mencari Tukang Bangunan Yang Memuaskan? Lakukanlah 7 Tips Berikut ini!

Setiap rumah tentunya dapat mengalami kerusakan-kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca, usia rumah, serta kesalahan penghuninya. Sebagai pemilik rumah, tentunya kita perlu memperbaiki kerusakan tersebut sehingga rumah kembali seperti semula. Untuk itu, kita membutuhkan jasa tukang bangunan. Agar mendapatkan tukang bangunan yang hasil pekerjaannya memuaskan, cobalah melakukan 7 tips berikut ini.

Meminta Rekomendasi Dari Teman dan Keluarga
Meminta rekomendasi dari orang yang kita kenal adalah satu satu cara terbaik untuk mendapatkan tukang bangunan berkualitas. Cobalah untuk menanyakan teman atau anggota keluarga yang pernah memakai jasa tukang bangunan. Namun, meskipun mendapatkan rekomendasi, kita harus tetap bersikap selektif. Bisa saja kinerja tukang bangunan tersebut tidaklah menentu. Oleh karena itu, kita harus mencari tahu informasi mengenai tukang bangunan secara detail.

Memperhatikan Hasil Pekerjaan Tukang Bangunan 
Untuk menentukan tukang bangunan berkualitas, tentu kita membutuhkan bukti yang konkret. Salah satu hal yang dapat kita lakukan ialah melihat bangunan yang dahulu pernah mereka kerjakan. Bila perlu, tanyakanlah kepuasan pemilik bangunan terhadap hasil pekerjaan tukang bangunan. Apabila hasil pekerjaan mereka memuaskan, tentu kita akan semakin yakin untuk menggunakan jasanya. Berbeda halnya apabila mereka mengecewakan pelanggan terdahulunya.

Mendiskusikan Segala Hal Secara Detail dan Membuat Perjanjian
Tukang bangunan yang berkualitas tentu akan mengutamakan kepuasan pelanggannya. Mereka tidak akan ragu apabila pelanggannya meminta perjanjian tertulis. Sebagai pelanggan, tentu kita menjadi orang yang akan menikmati hasil pekerjaan mereka. Jadi, apabila pekerjaan mereka tidak memuaskan, kita pasti akan merasakan penyesalan. Oleh karena itu, kita membutuhkan jaminan agar budget yang sudah kita keluarkan tidak terbuang sia-sia.

Di sisi lain, sebagai pelanggan, kita juga tidak boleh menyusahkan tukang bangunan. Usahakan untuk tidak mengganti-ganti rencana yang sudah diberitahukan ke tukang bangunan. Apabila terlalu sering mengganti rencana, tentu tukang bangunan akan kewalahan untuk menjalani tugasnya.

Menentukan Waktu Pengerjaan, Budget yang Tersedia, dan Rencana Pembangunan Secara Detail
Pembangunan yang memuaskan memang bergantung pada kualitas tukang bangunan. Namun, sebagai pemilik rumah, kita juga berperan penting di dalamnya. Apabila kita dapat menunjang kebutuhan pembangunan, tentu tukang bangunan akan bekerja dengan efektif. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan segala hal dengan baik. Berikan estimasi waktu pengerjaan yang sesuai dengan tingkat kesulitan bangunan. Selain itu, kita juga harus menyiapkan budget serta rencana pembangunan secara detail. Apabila ketiga hal ini sudah dipersiapkan, secara tidak langsung kita sudah mempermudah pekerjaan tukang bangunan.

Melakukan Pengawasan
Sebagai pemilik bangunan, tentu kita tidak bisa mengandalkan tukang bangunan sepenuhnya. Kita juga perlu melakukan pengawasan dan melihat kinerja tukang bangunan. Berikanlah evaluasi dan tanyakanlah hal-hal yang nantinya perlu dikerjakan. Apabila pekerjaan mereka bagus, berikan juga pujian agar mereka merasa dihargai. Tidak ada salahnya untuk memberikan mereka makanan sebagai bentuk perhatian kita terhadap mereka.

Bersikap Tegas dan Berani Memberikan Teguran
Ketika melakukan pengawasan, bisa saja terdapat hal yang menurut kita tidak sesuai dengan rencana pembangunan. Apabila mengalaminya, jangan ragu untuk menegur tukang bangunan. Jangan sampai kita membiarkan mereka mengulangi kesalahan yang mereka lakukan. Dengan begitu, tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.

Mempertimbangkan Bahan Material yang Mereka Rekomendasikan
Tukang bangunan yang berkualitas akan merekomendasikan bahan material yang terbaik. Namun, seringkali bahan material tersebut memerlukan budget yang tidak sedikit. Apabila merasa ragu, kita dapat melakukan pengecekan langsung ke toko bahan bangunan. Tanyakan kepada penjualnya apakah bahan material tersebut benar-benar berkualitas.

Sumber: http://dee-rumah.blogspot.co.id/2014/04/tips-mencari-tukang-bangunan-yang-murah.html


EmoticonEmoticon